Wednesday, 11 March 2015

Prosedur Pengajuan dan Syarat Kerja Praktek / Tugas Akhir di PT. Chevron Pacivic Indonesia



 


PT CHEVRON PACIFIC INDONESIA


Program Kerja Praktek dan Tugas Akhir (KP/TA) Mahasiswa

 

 

KETENTUAN/PROSEDUR

 

       Diberlakukan untuk pelaksanaan efektif 01 Agustus 2014.

 

  1. Permohonan sudah harus diterima di PT CPI minimal tiga bulan sebelum jadwal Kerja Praktek (KP) atau Tugas Akhir  (TA) yang diinginkan. PT CPI membatasi permohonan untuk  masa liburan sekolah (akhir Juni s/d pertengahan Juli, Idul Fitri, dan akhir/awal tahun) karena banyak pembimbing/mentor dan pengelola KP/TA cuti dan/atau menyiapkan laporan tahunan.

 

  1. Lama Kerja Praktek maksimal satu bulan dan Tugas Akhir dua bulan.  Perusahaan memberikan hanya satu kali kesempatan kepada mahasiswa, yaitu  KP atau TA.   Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak mahasiswa.

 

  1. Pemohon adalah mahasiswa Perguruan Tinggi dengan jejang studi Strata 1 (S-1) dari jurusan yang telah terakreditasi Minimal B (dinyatakan dalam surat permohonan). Mahasiswa Diploma-3 (D-3) hanya bagi Perguruan Tinggi dan Akademik dari Riau saja  yang berada di area operasi  PT CPI.

Satu  surat permohonan berlaku untuk dua  pemohon KP dari jurusan yang sama.  Untuk TA, surat permohonan berlaku hanya untuk satu mahasiswa.

 

  1. Mahasiswa yang dipanggil adalah yang memenuhi persyaratan dan berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan oleh HR TS&A sesuai prosedur yang berlaku.

 

  1. Dokumen yang diperlukan:

 

    1. Surat Pengantar dari Fakultas,  minimal ditanda tangani oleh Ketua Jurusan). 
    2. Transkrip Nilai yang asli atau fotocopi yang telah dilegalisir dari semester pertama disertai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dan IPK minimal 3.00. Mahasiswa/i harus telah menyelesaikan mata kuliah minimal 90 SKS untuk Kerja Praktek dan 120 SKS untuk Tugas Akhir untuk S1 dan 80 SKS untuk KP D3.
    3. Proposal  dan judul harus spesifik dan ditulis oleh masing-masing mahasiswa/i.
    4. Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup).  Bila ada, mencantumkan E-mail  dan nomor HP.
    5. Surat keterangan berbadan sehat dari Rumah Sakit Pemerintah setempat.
    6. Pas-photo berwarna ukuran 3x4 cm sebanyak 2 lembar. 2x3 cm 1 lembar.

                             Catatan: Point e & f diperlukan apabila permohonan ybs disetujui. Kedua persyaratan ini

                             diserahkan pada saat melapor ke HR-TSA Rumbai.

     

  1. PT CPI tidak melayani bila permohonan tidak memenuhi persyaratan yang tersebut diatas.

 

  1. Surat permohonan dikirim kepada: 

 

HR-Training Service.

Kantor Training Center - Bagian KP/TA


PT Chevron Pacific Indonesia – Rumbai


Pekanbaru  28271


           

            Harap menuliskan “KP/TA” dikirim atas amplop.

 

  1. Pelayanan KP/TA berdasarkan tersedianya prasarana di PT CPI dan pembimbing/mentor.  Enam puluh persen dari tempat yang tersedia diperuntukkan untuk mahasiswa dari universitas lokal (Riau) dan 40% dari  universitas di luar Riau.

 

  1. Perusahaan tidak menyediakan fasilitas Personal Computer/Laptop, E-mail dan akses Internet selama program KP atau TA.  Untuk itu, pemohon diharuskan membawa perlengkapannya sendiri.

 

  1. Bila permohonan memenuhi persyaratan, tersedianya prasarana dan mentor, maka surat jawaban akan dikirimkan + 1 bulan sebelum tanggal  pelaksanaan.

Revision April 2010

17 comments:

  1. kak apakah prosedur ini masih akan berlaku untuk tahun 2017 ? jika berkenan bisa kakak menginformasikan berasal darimana kakak mendapat informasi tentang prosedur ini. Kirim ke email aulianurfebrianti@live.com ya kak. Terima kasih

    ReplyDelete
  2. kak apakah prosedur ini masih akan berlaku untuk tahun 2017 ? jika berkenan bisa kakak menginformasikan berasal darimana kakak mendapat informasi tentang prosedur ini. Kirim ke email aulianurfebrianti@live.com ya kak. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. kirim ke email ke saya juga min,rikiardianto91@gmail.com

    ReplyDelete
  4. kirim ke saya juga min d.oktanugraha@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Kirim ke saya juga min, minta tolong
    detrimhdpainte09@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Salam kenal ka, sya angela mhs tekkim. Klo blh sya jga mau meminta cntoh proposal dan prosedurnya ka, bsa kirim ke email angelacitra03@gmail.com . Thx before 😀

    ReplyDelete
  7. maaf kak, kalau boleh saya minta contoh proposal dan prosedurnya yang masih berlaku sampai tahun 2018 kak. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke email saya kak lestariikepuji@gmail.com. terimakasih

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Kirim ke saya juga kak. Mahasiswa teknik mesin email: daudfalah14@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Salam kenal ka, saya elliyana. Kalau boleh saya juga mau meminta contoh proposal dan prosedurnya ka, kirim ke elliyanasamosir3@gmail.com kak. Makasi

    ReplyDelete
  11. salam kenal kak, izin bertanya apakah prosedur ini masih berlaku untuk tahun 2018 (periode juni 2018-agustus 2018) ? jika berkenan bisa kakak menginformasikan mengenai prosedur ini. Kirim ke email bintangrumiris@yahoo.co.id ya kak. Terima kasih

    ReplyDelete
  12. Apakah mahasiswa Planologi dapat magang di Chevron?

    ReplyDelete
  13. Salam kenal kak, saya alda mahasiswa teknik perminyakan. Apakah syarat ini masih berlaku di tahun 2018? Kalau iya, total waktu yang kita butuhkan berarti selama 4 bulan ? Atau 3 bulan ? Terima kasih

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete